pengertian dan fungsi Package, Interface, dan Class Library


Package, Interface, dan Class Library

    Kenapa kita membutuhkan interface? Kita harus mengetahui dulu apa yang di maksut dengan intyerface dan kegunaanya dalam pemrograman java khususnya dalam pemrograman berorientasi objek. Karena kita akan  banyak bermain dengan objek tersebut.
    Interface sendiri merupakan jenis yang khusus dari blok yang hanya berisi method signature atau constant. Interface mendifinisikan sebuah signature dari sebuah kumpulan method tanpa tubuh. Interface merupakan sebuah car standar dan umum dalam menetapkan sifat - sifat dari class - class. Interface menyediakan class- class tanpa memperhatikan lokasinya dalam e class untuk mengimplementasikan sifat - sifat yang umum. Dengan catatan bahwa interface juga menunjukkan polimorfisme, dikarenakan program dapat memanggil method interface dan versi yang tepat dari method yang akan dieksekusi terganung dari tipe objek yang melewati pemanggilan method interface. Nah pada artikel ini anda akan mempelajari cara pembuatan aplikasi dengan interface, selain itu anda juga akan membuat aplikasi melalui pengelompokan class dalam package. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak uraian artikel ini dengan seksama.

A. Package
Package adalah sarana atau cara pengelompokkan dan pengorganisasian kelas - kelas dan interface yang sekelompok menjadi suatu unit tunggal dalam library. Package juga mempengaruhi mekanisme hak akses ke kelas - kelas di dalamnya.
2. Fungsi package
Fungsi package untuk mengelompokkan file class yang terkait (karena jenisnya, fungsinya, atau karena alasan lainnya) pada direktori yang sama, dimana didalam setiap classnya dertapat directive ( statement java dalam kode yang di gunakan untuk membuat class) package yang mengacu pada directori tersebut.
3. Pengaruh package terhadap method main()
Method yang mengandung method main() memiliki syarat tidak berbeda dalam suatu package, dan hierarki posisi foldernya di atas package yang di import.

oke untuk materi lebih lengkap silahkan download materinya di sini .
sekian dari gubok koding  semoga memberikan manfaat bagi kita semua.
terimakasih.

7 Comments