Pengertian Sequence Diagram dan Cara Membuat object Diagram | Langkah - langkah Pembuatan object diagram

Cara Membuat object diagram, Halo selamat datang di Gubok Koding. Pada materi kali ini kita akan membahas cara membuat object diagram & pengertian Squence diagram.
 Materi Ini sebenarnya Lanjutan dari Interaksi antar object, Pengertian dan Object Diagram. oleh karena itu sekarang kita akan membahas materi cara membuat object diagram & pengertian Squence diagram.

4. Langkah - langkah Pembuatan object diagram

Object diagram tungal tidak dapat menangkap semua kasus yang diperlukan atau lebih tepatnya tidak dapat menentukan semua objek dari suatu sistem. Untuk mengatasi hal tersebut, makam ada beberapa tahapan yang dilakukan, yaitu sebagai berikut.
A. Menganalis sistem dan memutuskan kasus yang memiliki ndata penting dan asosiasi.
B. Mempertimbangkan hanya contoh - contoh yang akan mencakup fungsi tersebut.
C. Membuat optimasi beberapa, seperti jumlah contoh yang terbatas.
Hal - hal yang perlu diingat dan pahami sebelum menggambar object diagram, antara lain sebagai berikut.
a. Object diagram terdiri dari benda - benda.
b. Link dalam object diagram digunakan untuk menghubungkan object.
c. Object dan link adalah dua elemen yang digunakan untuk membangun sebuah object diagram.
Hal - hal berikut ini harus di putuskan sebelum memulai untuk membangun sebuah object diagram.
A. Object diagram harus memiliki nama yang berarti untuk menunjukkan tujuannnya.
B. Unsur - unsur yang paling penting adalah untuk di identifikasi.
C. Asosiasi antara objek - objek yang harus diklarifikasi
D. Nilai dari elemen yang berbeda harus diambil untuk dimasukkan dalam object diagram.
E. Menambahkan catatan yang tepat pada titik - titik dimana kejelasan lebih diperlukan.


 Contoh Objek diagram



Sequence diagram

1. Definisi sequence diagram

Sequence diagram menggambarkan kelakuan/perilaku object pada proses dengan mendeskripsikan waktu hidup objek dan pesan yang dikirim dan diterima antar object. Oleh karena itu, untuk menggambar sequence diagram harus diketahui objeck - objek yang terlibat dalam sebuah proses beserta method -method yang memiliki class yang diinstansiasi menjadi objek itu.
Banyaknya sequence diagram yang harus digambarkan adalah sebanyak pendefinisian proses yang memiliki proses sendiri atau semua proses yang didefinisikan. Interaksi jalannya pesan sudah dicakup pada squence diagram, sehingga makin banyak proses yang didefinisikan, maka squence diagram yang harus dibuat juga semakin banyak.
Squence diagram merupakan interaction diagram yang digunakan untuk menjekaskan eksekusi sebuah skenario semantik. Sequence diagram juga digunakan untuk menjelaskan interaksi antar objek didalam urutan waktu (booch, Maksimchuk, engle, Young, Conallen, & Houston, 2007).
Sequence diagram bisa digunakan untuk menjelaskan serangkaian langkah - langkah yang mengirimkan pesan antar satu lifeline yang lain. Setiap pesan yang dikirimkan bisa memberikan respons (return) relatif pada skenario yang dirancang di use case diagram. Interaksi yang terjadi bisa bersifat instansiasi sebuah objek maupun method statis sari sebuah classs.
Class diagram dan object diagram merupakan suatu gambaran model statis. Namun ada juga yang bersifat dinamis, seperti interaction diagram. Sequence diagram merupakan salah satu interaction diagram yang menjelaskan bagaimana suatu operasi itu dilakukan, message (pesan) yang dikirim, dan kapan pelaksanaannya. Diagram diatur berdasarkan waktu. Objek - objek yang berkaitan dengan proses berjalannya operasi di urutkan dari kiri ke kanan berdasarkan waktu terjadi dalam pesan yang terurut.


 Sekian dulu materi cara membuat object diagram & pengertian Squence diagram kai ini . Untuk sobat yang mau mendownload materinya bisa di link berikut:

0 Comments